Sejarah, Visi, dan Misi

SEJARAH
Pusat Krisis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (Puskris UI) adalah lembaga pengabdian masyarakat berbasis riset di bawah Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Fokus layanan Puskris UI adalah memberikan, mengembangkan dan mempromosikan program kesehatan menntal dan dukungan psikososial terkait dalam upaya penanggulangan bencana dan konflik.
Puskris UI pada awalnya didirikan sebagai bentuk respon Fakultas Psikologi UI untuk mengatasi dampak psikologis kerusuhan Mei 1998. Sekelompok staf pengajar, alumni dan mahasiswa Fakultas Psikologi UI menjadi inisiator awalnya. Mereka antara lain Acuk Parsudi, Dini P Daengsari, Sri Redatin Pudjiati, Nani Nurachman, Shinto Adelar, Frieda Mangunsong, Kristi Poerwandari, Surastuti Hadiwinoto dan Ali Aulia. Inisiatif ini kemudian diperkuat dan diformalkan melalui SK Dekan Fakultas Psikologi UI No: 1216/PT02.H4.Fpsi/SK/1999 yang ditandatangani Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono.
Layananan awal yang diberikan adalah dalam bentuk layanan hotline service dan pendampingan korban kerusuhan. Seiring dengan makin beragamnya masalah yang dialami bangsa ini, mulai dari berbagai konflik dan bencana yang terjadi, Puskris UI juga mengembangkan layanannya sebagai bagian dari solusi permasalahan yang ada.
Sebagai lembaga yang berbasis universitas, Puskris UI juga terus berupaya melakukan kajian serta penelitian tentang penghayatan dan dinamika psikologis yang terjadi baik pada tingkat individu maupun kelompok yang mengalami bencana dan konflik sosial. Hasil kajian dan penelitian tersebut menjadi dasar pengembangan pemahaman teoritis tentang dampak psikologis akibat bencana dan pengembangan model intervensi psikologis. Puskris juga menyusun dan menerbitkan modul, buku, booklet, dan leafleat yang berisi informasi dan penjelasan untuk mengatasi masalah-masalah psikologis yang timbul akibat bencana dan konflik sosial.

 

Visi
Puskris UI berupaya menjadi acuan di Indonesia dalam usaha-usaha preventif, promotif dan rehabilitatif dalam hal penanganan psikososial dampak bencana dan konflik sosial.

 

Misi
– Memberikan bantuan kepada masyarakat dalam mengatasi masalah psikososial terutama berkaitan dengan bencana dan konflik.
– Mengembangkan kajian Psikologi tentang penanganan psikososial dampak bencana dan konflik.
– Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para sarjana psikologi dan relawan dalam memberikan bantuan psikologis.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty