Pelatihan

Pusat Krisis menyediakan dan mengembangangkan beberapa paket pelatihan terkait dengan penanganan dan aspek psikologi dalam konteks penanggulangan bencana dan konflik. Topik-topik yang diberikan antara lain:

  • Psychological First Aid
  • Dukungan Psikososial
  • Manajemen Stres untuk Pekerja Kemanusiaan
  • Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Situasi Bencana
  • Kesiapan Relawan

Selain pelatihan, Puskris UI juga mengembangkan kursus psikososial bagai praktisi atau pekerja kemanusian.  Psychosocial Practitioner Course atau PPC adalah sebuah kursus yang dirancang berdasarkan dari hasil kajian dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kapasitas para pekerja kemanusiaan dan calon pekerja kemanusiaan untuk merespon kebutuhan psikososial pasca bencana. Download Brosur!!!

 

Psychological First Aid – PFA

Keterbatasan tenaga profesional seperti psikiater atau psikolog di bidang kesehatan jiwa membuat tidak semua permasalahan yang ada bisa ditangani dengan optimal. Untuk itulah perlu upaya memberdayakan berbagai pihat mulai dari dokter umum, bidan, perawat dan bahkan masyarakat itu sendiri agar mereka dapat melakukan penanganan awal.  Dimana tujuan penanganan ini adalah mengurangi serta mencegah munculnya dampak yang lebih buruk. Selain itu meraka juga diharapkan mampu membuat rencana tindak lanjut dari penanganan awal, seperti melakukan identifikasi dini dan melakukan rujukan. Dalam konteks inilah Psychological First Aid (PFA) atau Dukungan Psikologis Awal memiliki nilai strategis untuk

dikembangkan. Download Brosur!!!

 

Dukungan Psikososial

Dampak negatif dari bencana tidak hanya mencakup dampak fisik saja, namun juga dampak psikologis dan sosial, atau yang biasa disebut psikososial. Namun sayangnya, pemahaman tentang pentingnya pemberian dukungan ini tidak sejalan dengan peningkatan pemahaman tentang apa itu dukungan psikososial sendiri. Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat memahami apa itu dukungan psikososial dan bagaiman penerapannya dalam sebuah kegiatan bantuan kemanusiaan. Download Brosur!!!

 

Manajemen Stres

Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang tidak dapat dihindari, yang dapat dilakukan hanya mengelola stres yang muncul secara baik. Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat berdampak sangat buruk bagi individu. Bukan hanya sekedar dampak fisiologis berupa menjangkitnya penyakit yang bisa dirasakan, tapi juga dampak psikologis bahkan berdampak pada perubahan tingkah laku.

Stres tidak hanya berdampak buruk, tapi juga dapat berdampak baik bila dikelola dengan baik. Pengelolaan stres adalah sebuah strategi yang dapat meningkatkan kemampuan individual sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup serta daya tahan terhadap tekanan dan masalah kehidupan. Download Brosur!!!

 

Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Situasi Bencana

Lima tahun pertama kehidupan anak merupakan masa yang masa yang penting bagi anak merupakan masa yang penting bagi keluarga membentuk landasan pola sikap dan perilaku anak di kemudian hari. Dikatakan penting karena apa yang anak alami pada masa balita akan berpengaruh  besar terhadap penyesuaian diri anak, baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari masyarakat. Sayangnya tidak semua orang tua atau mereka yang peduli menyadari sehingga anak balita cenderung dibiarkan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya, terlebih jika kita dalam situasi bencana.  Berkaca dari hal inilah pelatihan pengasuhan anak usia dini ini menjadi bagian yang strategis jika kita ingin mengembangkan kualitas hidup masyarakat dengan meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak.

 

Kesiapan Relawan

Pelatihan kesiapan relawan ini adalah pelatihan yang dibuat dengan tujuan untuk membentuk calon relawan Penanggulangan Bencana menjadi Relawan Penanggulangan Bencana Ideal. Seorang Relawan Ideal diharapkan memiliki karakteristik kepribadian relawan, keterampilan dasar penanggulangan bencana dan memiliki kesiapan diri untuk bertugas menjadi relawan penanggulangan bencana.

Materi

  • Dasar-Dasar Penanggulangan Bencana
  • Relawan dan Bencana
  • Sistem Manajemen Bencana
  • Character Development Relawan
  • Self Preparation

 

Psychosocial Practitioner Course – PPC

Psychosocial Practitioner Course atau PPC adalah sebuah kursus yang dirancang berdasarkan dari hasil kajian dan pengalaman lapangan Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI. Kursus ini merupakan  bagian dari upaya peningkatan kapasitas para pekerja kemanusiaan dan calon pekerja kemanusiaan untuk merespon kebutuhan psikososial pasca bencana. Dengan mengikuti kursus ini, peserta akan mampu untuk mengelola (merancang, implementasi, monitoring, dan evaluasi) program psikososial pasca bencana dengan pemahaman yang komprehensif tentang dampak psikologis dan psikososial bencana. Kursus ini sangat relevan bagi mereka yang memiliki minat untuk menggeluti dan ingin mengembangkan diri di bidang psikososial penanganan bencana.

Cakupan materi yang diberikan adalah:

  • Bencana dan Penanganan Bencana (disaster management)
  • Bantuan kemanusiaan
  • Dampak psikologis dan psikososial bencana
  • Pemulihan dan intervensi psikososial
  • Manajemen proyek

    Download Brosur !!!

 

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty